6 Cara Meraih Sukses Persaingan Toko Online Tanpa Perang Harga

Apakah bisnis jualan online Anda ingin berkembang?, berikut ini cara meraih sukses pada persaingan Toko online tanpa perang harga.

Bisnis ada dua macam dijalankannya, pertama cara offline (nyata) dan yang kedua dengan online (berbasis jaringan internet, e-commmerce).


Cara Meraih Sukses Persaingan Toko Online Tanpa Perang Harga


Kedua bissnis yang dikatakan di atas, adanya persaingan antara pengelola bisnis.

Mengingat pada pemasaran bisnis offline sudah terasa saling sikut harga pada satu produk dan lainnya dengan harga teramat rendah batas kewajaran untuk mendapatkan pelanggan.

Ambil contoh satu bisnis yang bergerak pemasaran barang kebutuhan pokok ke pasar tradisonal dari suplier.

Pihak suplier punya jurus jitu agar produk jualannya bisa bersaing dengan kompetitor lain dalam lingkaran kompetisi buruk, siapa yang terkuat, jual dengan harga dibawah standar.

PKiat bisnis mereka menjual lebih rendah atau mendapatkan laba yang sangat kecil pada satu barang sebagai cara ampuh menjalankan untuk memenangkan bisnisnya.

"Penjual" Apabila produk ada ratusan macam tipe, maka laba yang kecil apabila diakumulasi akan bertambah banyak.

Tentu keuntungan perusahaan toko online akan bertambah. Yang terpenting awal mengelola bisnis mempunyai pelanggan setia.

Pelanggan loyal akan saling berbagi informasi mengenai harga termurah ke sesama pelanggan lainnya.

Jadi garis besar yang diambil dari bisnis offline diatas yakni meraup pelanggan sebanyak-banyaknya dan menekan pesaing tidak masuk ke ranah pelanggan bisnis anda.

Tak jauh berbeda dengan bisnis toko online perang harga menjadi persaingan tidak sehat.

Sekarang jamannya online. Mau apa saja tinggal cari di internet.

Apakah bisnis online bersaing dengan offline?...............

Melihat pada kondisi saat ini memang perang harga antara bisnis toko online dan offline sangat memprihatinkan.

Banyak toko offline (nyata tempat jualannya) gulung tikar. Tapi tak menampik juga bisnis online bermodal tebal pula kena imbasnya mengalami kerugian pada penutupan pembukuan bulanan.

Tergerusnya toko offline dari toko offline menambah parah persaingan harga lebih murah.

Pernah kami melihat tayang di televisi mengenai adanya beberapa toko online besar dari luar negeri masuk tanah air Indonesia tak menutup kemungkinan menghadapi pengalaman pailit (red: kerugian) milyaran rupiah saat bersaing harga.

Kenapa ini terjadi hingga perusahaan toko online banting harga?....

Ambil contoh bisnis online mainan anak pada satu produk menjual harga Rp.1000 pada awal mulai pemasaran.

1 jam berikutnya harga barang diturunkan menjadi Rp.800. Alasanya ada toko online tetangga menjual produk yang sama dengan harga 900 rupiah.

Perang harga akan terus berkelanjutan, bisa-bisa harga yang semula dibuka 900 Rupiah, dalam 2 jam kemudian menjadi 600 Rupiah.

Meskipun harga mainan anak dari penyedia distributor dengan harganya Rp.500. Nah apabila dihitung-hitung keuntungannya sangat tipis sekali.

Bukan hanya berupa barang yang menjadi perang harga antara toko online saat ini.

Penjualan tiket perjalanan atau travelling pula saling sikut pada harga titik terendah. Misalnya harga tiket kereta api online diantara situs online menunjukan perbedaan harga yang signifikan walupun tujuan sama.

Pada toko bisnis online lebih parahnya jasa kurir atau ongkos kirim ada yang digratiskan.

Yang terjadi, tadi sudah ada keuntungan meskipun kecil, apabila laba sekecil tadi dikurangi ongkos kirim maka kerugian yang ditanggung perusahaan toko online.

Nah inilah kendala marketpalce di Indonesia saling menjatuhkan karena adanya perang harga.

Apabila berkaca pada negara China yakni mematok harga terendah yang sama pada beberapa kompetitor toko online, tidak saling menjatuhkan.

Coba saja anda buktikan ketika belanja di toko nyata milik orang China yang memiliki modal besar, maka harga suatu produk akan sama pada setiap toko-toko milik orang china.

Pedagang milik orang china tidak akan merebut pelanggan dan tidak merasa lebih besar untuk melibas rekan sesama toko milik orang china yang bermodal kecil.

Kembali lagi ke topik "toko online".

Pada dasarnya semua toko online sudah memiliki masukan atau suntikan dana laba bersih lebih besar daripada dana untuk modal untuk memenagkan persaingan harga pada bisnisnya.

Jangan berprasangka negatif dulu!!!

Mereka sudah punya prosedur pembukuan yang matang.

Ketika akan melakukan perang harga.

Maka dari itu kita jangan ambil pusing yang terpenting kita sebagai pembeli mengetahui mutu barang dijual berkualitas baik.

Apakah mereka memakai jurus inilah dan itulah untuk meraup keuntungan dan pelanggan sebanyak-banyaknya. Maka wajarlah mereka bersaing harga.

Namun disisi lain adapula harga barang yang dijual di toko online lebih mahal dari harga standar.

Memenangkan Persaingan Toko Online



Nah ada penjelasan dibawah ini strategi bagi anda yang memiliki binis online atau baru memulai masuk ke ranah bisnis online tanpa harus ikut-ikutan perang harga.

1). Apa Keunggulan Produk Anda



Mula-mula mengetahui dari kelebihan dan kekurangan produk ketika akan dipasarkan, dengan mengetahui kelebihan produk, maka anda akan memberi kepuasan pelanggan.

Maka dengan revisi atau menyortir sejak awal maka tidak akan adanya barang yang sudah dibeli dikembalikan lagi oleh pembeli. Alasannya ada barang cacat.

Peningkatan daya jual sebanding dengan kualitas barang yang dikeluarkan, apabila tidak penjualan akan tersedat dengan hal sepele misal gagal produksi.

Memaksimalkan mutu produk akan memberi nilai positif pada pelanggan setia toko online anda.

2). Pelayanan Customer Service Lebih Handal



Customer sevice sangat diperlukan setiap pemilik toko online, kegunaanya agar pembeli dengan mudah berkomunikasi mengenai produk yang anda jual.

Kesigapan CS harus on full 24 jam, didalammnya sudah ada perlengkapan berupa layanan Email.

Layanan Chating yang siap membantu apabila ada keluhan ketika pelanggan membutuhkan informasi produk jualan anda.

3). Mempunya Pelayanan Berbeda Dengan Tetangga (Toko online



Meraih sukses membutuhkan waktu yang lama, tidak seperti membalikan sebelah tangan.

Maka untuk mengelola kesinambungan bsnis anda sejak awal harus ditanamkan untuk memenagkan persaingan toko online itu dengan pelayanan yang bebeda dengan toko diluar sana.

Anda tidak harus menjual dengan harga dibawah standar pasaan, apabila keuntungan diraih pada jangka seumur jagung saja.

Bisnis dikelola untuk kelanjutan dijalankan oleh seorang profesional dibidangnya, apabila tidak maka akan berhenti ditengah jalan.

4). Dedikasikan Produk Melalui Foto Yang Menarik



Ambil foto terbaik pada produk anda, gunakan peangkat yang teruji misalkan menggunakan kamera digital dengan hasil jepretan kualitas terbaik.

Posisi pengambilan foto dari berbagai sudut, agar memberi citra barang lebih menarik, kualitas gambar jangan buram dan tak beraturan ukuran.

Sangat penting ukuran disamakan agar memberi kesan rapi pada foto produk jualan anda.

5). Koreksi Kesalahan Sekecil Mungin Dari Produk Anda



Kesalahan kecil apa yang mengakibatkan toko online anda kurang pelanggan.

Contohnya: Apabila ada pembeli satu produk jangan dibeda-bedakan dengan pelanggan lain yang membeli borongan dengan volume besar.

Karena keuntungan dari produk kecil dan murah, ketika dikumpul-kumpul maka laba akan lebih tinggi ketika penutupan buku.

Meskipun anda pandai promo ke situs sosmed, komunitas, forum akan sia-sia apabila tidak dibarengi dengan kualitas produk anda.

Jangan mencari kesalahan produk toko online lain, lebih baik menganalisa sekecil dari penyajian produk di toko online lebih menarik dan rapih ketika dikemas sampai kepelanggan.

Pembeli akan menilai toko online anda sebagai toko online yang mementingkan pelanggan, meskipun mereka membeli hanya satu produk paling murah sekalipun.

6). Desain Toko Online Lebih Menarik



Pelanggan akan membeli produk anda setelah membuka website atau halama sosmed adan yang menjadi lapak jualan.

Membuat desain web yang bagus akan membantu pelanggan mencari produk dengan mudah, tampilan tak perlu mewah.

Pastikan anda berikan perbedaan mereka betah memilih-milih barang jualan anda dengan simpel.

Atur produk dengan kategorinya, agar memudahkan pencarian ketika dibutuhkan calon pembeli, jangan buat website yang rumit.

Gunakan bahasa yang elegan enak dibaca, lugas dan memberi nilai pada produk jualan toko online anda, tentunya sesuai kulitas barang.

Nah itulah pejelasan sedehana 6 cara meraih sukses pada persaingan toko online tanpa perang harga ketika anda merintis sebuah toko online.

0 Response to "6 Cara Meraih Sukses Persaingan Toko Online Tanpa Perang Harga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel